Terima kasih atas kunjungannya !!! saya yakin dengan kualitas blog ini cukup bagi anda untuk menemukan apa yang anda cari !!! mulai dari (SOFTWARE GRATIS) (TRIK DAN TIPS) (DUNIA BLOGGER) (DUNIA GAME) (DUNIA FILM) (DUNIA ANIME) (DUNIA MUSIC) (DUNIA MISTERI) (DAN HAL-HAL LAIN) yang mungkin tidak dapat anda temukan di blog-blog lain !!! jadi tunggu apalagi ayo berlangganan. terimakasih !!

Monday, June 23, 2014

TUGAS TOU 2 Ke-4 : 3D printing Inovasi yang merubah dunia.



Apa yang anda pikirkan ketika disebutkan 3D printing? Sebuah teknik cetak yang bisa menghasilkan gambar tiga dimesi ?.. Tidak sepenuhnya salah, karena memang ada unsur gambar 3 dimensi didalam prosesnya. Tapi sesungguhnya 3D lebih dari sekedar mencetak tiga dimensi, sebuah proses yang bisa menghasilkan produk secara tiga dimensi dengan menggunakan bahan-bahan tertentu berdasarkan gambar virtual 3D dari komputer (baca:digital). Untuk lebih jelasnya silahkan ada lihat salah satu contoh 3D printer di youtube ini.

Ketika pertama kali melihat video di youtube tersebut, saya tidak menyangka ternyata perkembangan teknologi sudah begitu canggihnya sehingga bisa “mengkloning” sebuah produk begitu mudahnya plus bisa memberikan warna. Jadi 3D printing ini sudah tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional seperti memotong, memahat atau membor bahan yang akan dibentuk. Tetapi sudah menggunakan cara-cara digital dengan menggunakan bahan-bahan tertentu. Ada banyak teknologi yang digunakan dalam 3D printing misalnya FDM (Fused Deposit Modelling) dengan sistem extrusi, Stereolithography dengan sistem Light Polymerised, Laminated Object Manufacturing dengan sistem laminasi, dll. Adapun bahannya sendiri bisa berbentuk fillament, titanium alloy, photopolymer, metal powder, thermoplastic powder, dll.

Kalau anda ingin memahami konsepnya lebih jauh, cara yang paling mudah adalah belajar dari konsep  FDM dengan sistem extrusi. Kenapa demikian, karena di kehidupan sehari-hari sebenarnya kita sudah berinterkasi dengan namanya extrusi. Anda tahu “glue gun” bukan? Yang biasa digunakan untuk melekatkan barang dengan melumerkan lem batangannya yang nempel di belakang glue gun tersebut. Setelah listrik menghasilkan panas maka dari nozle gun nya akan keluar cairan panas dan lengket. Nah konsepnya gak jauh dari situ. Bedanya adalah kalau glue gun dikontrol oleh tangan anda  secara manual dan tentu saja tidak presisi, sedangkan di 3D printing pergerakan horizontal dan vertikalnya di kontrol oleh software Computer-Aided Manufacturing.

Atau bagi orang flexible packaging, konsepnya mirip seperti mesin laminasi extrusi yang biasa digunakan untuk melumerkan PP atau PE. Kalau di mesin laminasi extrusi flexible packaging posisi nozlenya statis, maka di 3D printing nozlenya akan bergerak secara dinamis horizontal dan vertical dengan sangat akurat berdasarkan panduan image 3D digital di komputer.
Pertanyaannya adalah, apa efeknya bagi masyarakat atau dunia usaha. Bisa dikatakan efeknya akan “dasyat”, misalnya :

1.Orang akan mudah membuat bentuk-bentuk modelling seperti mobil-mobilan atau pesawat.
2.Orang akan mudah membuat prototype suatu produk.
3.Mempermudah kerjaan orang arsitek untuk membuat landscape atau miniatur.
4.Mempermudah tukang modifikasi karena bisa membuat spare partnya sendiri; dan
5.Masih banyak lagi

Saya tidak bisa membayangkan kalau seandainya mesin 3D printing ini harga dan bahan bakunya terjangkau  bagi masyarakat umum. Karena setiap orang akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dengan membuat sendiri.

Saat sekarang lagi menjadi bahan perbincangan di Amerika karena sudah ada yang bisa membuat senjata dengan mesin 3D printing ini, silahkan lihat di link youtube berikut. Untungnya saat sekarang mesin-mesin 3D printing pada umumnya masih mahal dan terbatas. Tapi perlu anda ketahui para peneliti di MIT Media Lab saat ini sedang membuat mesin 3D printing yang compact, kualitas yang baik, harga yang terjangkau  dan barang itu sudah ready !!..
Comments
0 Comments

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com
bottom