Terima kasih atas kunjungannya !!! saya yakin dengan kualitas blog ini cukup bagi anda untuk menemukan apa yang anda cari !!! mulai dari (SOFTWARE GRATIS) (TRIK DAN TIPS) (DUNIA BLOGGER) (DUNIA GAME) (DUNIA FILM) (DUNIA ANIME) (DUNIA MUSIC) (DUNIA MISTERI) (DAN HAL-HAL LAIN) yang mungkin tidak dapat anda temukan di blog-blog lain !!! jadi tunggu apalagi ayo berlangganan. terimakasih !!

Wednesday, October 23, 2013

Tugas softskill : Teori organisasi umum dan bekerjasama dalam kelompok



PENGERTIAN KELOMPOK ;



MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA
1.Kelompok adalah kumpulan  orang, binatang, dan sebagainya

2.kelompok adalah golongan tertentu (profesi, aliran, lapisan masyarakat, dan sebagainya)

3.Kelompok merupakan kumpulan manusia yang merupakan kesatuan beridentitas dengan adat istiadat dan sistem norma yang mengatur pola-pola interaksi antara manusia itu

SEDANGKAN MENURUT PARA AHLI KELOMPOK ADALAH :

# ROBBINS (PEARSON)
kelompok adaah alat implementasi yang sangat efektif

# ACHMAD S. RUKY
Kelompok adalah sejumlah orang yang berhubungan (berinteraksi) antara satu dan yang lainnya, yang secara psikologis sadar akan kehadiran yang lain dan yang menganggap diri mereka sebagai suatu kelompok

# NICHOLAS EVANS
kelompok merupakan kumpulan individu-individu yang diikat oleh tingkah laku atau kepentingan yang sama

# ANTONIUS ATOSHOKI
kelompok merupakan suatu arena terjadinya konflik

# WILA HUKY
kelompok merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih, yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi

# ROBERT K. MERTON
Kelompok merupakan sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan

# PAUL B. HORTON
Kelompok merupakan setiap kumpulan manusia secara fisik (misalnya, sekelompok orang yang sedang menunggu bus kota)

BEKERJA SAMA DALAM KELOMPOK

a. Fungsi dan manfaat bekerja dalam tim
Bekerja dalam tim memiliki banyak fungsi dan manfaat. Fungsi bekerja dalam tim antara lain dapat mengubah sikap, perilaku, dan nilai-nilai pribadi, serta dapat turut serta dalam mendisiplinkan  anggota lainnya. Anggota tim yang menyimpang dapat ditekan dan diluruskan dengan kewajiban untuk mematuhi dan melaksanakan aturan atau norma yang berlaku dalam tim. Selain itu tim dapat digunakan untuk pengambilan keputusan, merundingkan, dan bernegosiasi (bargaining). Anggota tim dengan latar belakang yang berbeda-beda mungkin mungkin saja membawa perspektif atau pengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan.

Tim tidak hanya penting dan bermanfaat pada organisasi saja, tetapi juga memberikan manfaat bagi individu para anggotanya. Tim dapat menyediakan kepuasan sosial bagi para anggotanya. Manfaat lain dari tim adalah meningkatkan komunikasi interpersonal diantara para anggotanya.

Secara lebih rinci manfaat bekerja dalam tim adalah sebagai berikut.

Manfaat bagi organisasi.
• Meningkatkan produktivitas kerja
• Meningkatkan kualitas kerja
• Meningkatkan mentalitas kerja
• Meningkatkan kemajuan organisasi

Manfaat bagi anggota
• Stress atau beban akibat pekerjaan akan berkurang
• Tanggung jawab atas pekerjaan dipikul bersama
• Memperoleh balas jasa dan penghargaan
• Sebagai media aktualisasi diri
• Dapat menyalurkan bakat dan kemampuannya

b. Tujuan bekerja dalam tim
Pada dasarnya tujuan bekerja dalam tim didasarkan pada prinsip kesatuan tujuan, prinsip efisiens, dan prinsip efektivitas. Untuk lebih jelasnya dapat diikuti uraian berikut ini.

Kesatuan tujuan
Setiap anggota tim tentu saja mempunyai kesaman tujuan. Prinsip kesatuan tujuan ini mencakup kesamaan visi, misi dan sasaran program kerja tim. Apabila suatu prigram garapan atau proyek harus diselesaikan selama suatu periode waktu tertentu maka pola pelaksanaan kerja tim harus disesuaikan dengan prinsip kesatuan tujuan.

Efisensi
Suatu tim adalah efisien jika setiap anggota menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara cepat, efisien, dan efektif. Suatu tim yang efisien adalah tim yang bekerja tanpa pemborosan dan kecerobohan, sehingga memberi kepuasan kerja.

Efektivitas
Tujuan bekerja dalam tim, antara lain untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja. Suatu tim disebut efektif jika telah memiliki cirri-ciri sebagai berikut.

• Tujuan yang jelas dan operasional
• Keterampilan yang memadai
• Komitmen
• Saling percaya
• Komunikasi yang baik
• Kemampuan negosiasi
• Kepemimpinan yang tepat

http://carapedia.com/pengertian_definisi_kelompok_info2162.html

http://www.tasikhotel.com/2013/07/manfaat-dan-tujuan-bekerja-dalam-tim.html
READ MORE >>

Saturday, October 5, 2013

Tugas Softskill : Organisasi (teori organisasi umum)







Apa itu organisasi?  apa definisi dari organisasi?
     
 Organisasi ( Yunani : ργανον , organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

       Menurut saya organisasi adalah suatu kumpulan orang2(kelompok) dimana semua anggotanya memiliki suatu tujuan dan visi bersama dan mengabungkan hasil pemikiran pribadi mereka menjadi satu, agar bisa mewujudkan tujuan bersama.



Sedangkan menurut WIKIPEDIA definisi dari organisasi adalah :

      Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode,lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.


Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
  1. .Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  2. .Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  3. .Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. .


        Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran

       Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus.Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi



Mengapa Organisasi itu penting?

      Menurut saya : Organisasi itu penting karena untuk mencapai suatu tujuan yg besar di butuhkan kerjasama antar manusia, agar dapat bekerja sama untuk mewujudkan suatu tujuan. dan juga organisasi sangat penting di kalangan pelajar karna dengan mengikuti organisasi seseorang akan belajar bagaimana menghargai pendapat orang lain walaupun dia sendiri tidak setuju degan pendapat tersebut, dan juga lebih bisa berdemokrasi dan yang paling penting orang yg mengikuti organisasi akan lebih ahli dalam mengamnil keputusan yg paling adil dan bisa berkerja sama dengan orang lain.


Pengalaman saya berorganisasi ;

        Pengalaman saya berorganisasi adalah saat di bangku SMA N 1 Timika, papua dulu, saya menjadi anggota Osis bagian IT Tugas saya adalah memosting Info2 seputar IT ke mading maupun blog sekolah,saya juga pernah menjadi
panitia Tarian dan nyanyian adat sekota Timika, Tugas saya tidak begitu banyak pada saat itu hanya mengantarkan Beberapa tamu penting.  sedikit bercerita tentang rapat osis : banyak kejadian baru yg saya alami mulai dari perbedaan pendapat dan konflik2 kecil lainnya tapi itu yg menjadikan semua anggota organisasi menjadi lebih dewasa dalam berpikir, bahwa tidak setiap saat pendapat dan ide kita akan di terima, ada kalahnya di tolak, dari yang saya alami menurut saya ketua(pemimpin)  dari suatu organisasi harus memiliki mental dan ketegasan yg kuat agar para anggotanya mau menerima segala kepusan yg sudah di buat bersama.  karna walaupun semua angota punya tujuan yg sama toh masih ada juga yg berbeda pendapat dengan ketua ataupun anggota dari divisi2 lainnya.  sekian pengalaman saya.

READ MORE >>
Template by : kendhin x-template.blogspot.com
bottom