Terima kasih atas kunjungannya !!! saya yakin dengan kualitas blog ini cukup bagi anda untuk menemukan apa yang anda cari !!! mulai dari (SOFTWARE GRATIS) (TRIK DAN TIPS) (DUNIA BLOGGER) (DUNIA GAME) (DUNIA FILM) (DUNIA ANIME) (DUNIA MUSIC) (DUNIA MISTERI) (DAN HAL-HAL LAIN) yang mungkin tidak dapat anda temukan di blog-blog lain !!! jadi tunggu apalagi ayo berlangganan. terimakasih !!

Friday, October 10, 2014

BAHAYA & DAMPAK BURUK BULLYING !!!






Banyaknya kasus bullying (kekerasan pada anak) yang terjadi di sekokah membuat Komnas Perlindungan Anak, prihatin. Komnas Anak mendesak pihak sekolah lebih peduli dan menjaga murid-muridnya."Banyak pihak sekolah tidak peduli kasus bullying ini. Padahal dampaknya bagi anak sangat besar," kata Ketua Komnas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi. 

Kasus Bullying atau kekerasan di sekolah maupun di lingkungan, sering terjadi dan seringkali muncul kepermukaan namun kurang mendapat perhatian dari pihak sekolah baik kepala sekolah maupun guru guru bahkan orang tua sekalipun. Kejadian bullying dianggap hal biasa dan bisa di selesaikan secara kekeluargaan. Padahal dampak atau trauma yang dialami anak anak korban bullying tidak akan terhenti hanya dengan terselesaikannya masalah tersebut.

Kak Seto mengatakan, korban Bullying biasanya mengalami trauma yang berkepanjangan. Hal itu sangat berdampak bagi kondisi psikologi dan kelangsungan pendidikan anak di masa depan. Ada yang stress hingga mau bunuh diri. Bullying tidak hanya diartikan kekerasan dalam bentuk fisik. Namun juga kekerasan psikis. Bullying bisa terjadi terhadap perempuan maupun laki-laki.

A. APA ITU BULLYING...???
BULLYING adalah penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok, sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tidak berdaya. Kejadiannya selalunya berulang.

B. BENTUK BULLYING 
1. Secara fisik : 
mendorong dengan sengaja, memukul, menampar, memalak atau meminta paksa barang yang bukan miliknya (lazim pada anak laki-laki)
2. Secara verbal : 
memaki, mengejek, calling names, menggosip (lebih pada anak perempuan)
3. Secara psikologis : 
mengintimidasi, mengecilkan, mengabaikan dan mendiskriminasikan.
4. bahkan yang lebih canggih dengan mengirim ejekan melalui SMS atau MMS di telepon selular atau pun melalui email.

Bullying cenderung terjadi pada anak yang terkesan lemah, berbeda dari yang lain, tidak berdaya untuk membela diri, tidak punya banyak teman.

C. DAMPAK BULLYING :
Akibat bullying ini tidak dapat dikatakan main-main. Ianya mengganggu perkembangan sosial dan emosional anak mulai dari yang ringan, sedang hingga yang serius dan mampu berakibat pada kematian. Yakni:
1. Prestasi belajar menurun
2. Phobia sekolah
3. Gelisah, sulit tidur
4. Gangguan makan
5. Menyendiri, mengucilkan diri
6. Sensitive, lekas marah
7. Agresif , bersikap kasar pada orang lain (contoh : pada kakak atau adik bahkan orang tua)
8. Depresi
9. Hasrat bunuh diri
(Data dari Jepang dinyatakan bahwa 10% korban bullying mencoba bunuh diri)

D. PATUT DIINGAT :
1. Korban bisa anak laki-laki maupun perempuan. 
2. Pelaku juga dapat anak laki-laki atau pun perempuan. 
3. Bullying juga dapat dilakukan oleh orang dewasa, seperti guru/kepala sekolah, guru les, tetangga, oom & tante, bahkan orangtua sendiri...!!!!
3. Biasanya terjadi di waktu yang tidak ada orang yang melihat/pengawasan/guru; sebelum pelajaran dimulai, jam istirahat, pulang sekolah, di kantin, di WC, di jalan yang sepi, di rumah kosong.
4. Menganggap bahwa itu hanya kegiatan ‘iseng belaka’ dan ‘kamu akan baik-baik saja’ bukan lah respon atau sikap yang diharapkan korban dari orang dewasa/guru maupun pihak sekolah.
5. Ancaman untuk bunuh diri dari korban. Jangan pernah anggap remeh dengan ancaman yang satu ini.
6. Beberapa sekolah di Jakarta bahkan di daerah masih banyak yang menganggap bullying adalah hal yang "jamak". Pastikan pihak sekolah anak-anak kita ‘AWARE’ akan hal ini.

E. APA YANG ORANG TUA DAPAT LAKUKAN :
1. Selalu amati dan kenali perilaku anak-anak kita sehari-hari.

2. Bila ternyata anak kita merupakan korban, dengarkan apa yang ingin ia sampaikan (meskipun kesannya ‘sepele’), “aku gak mau sekolah… aku gak suka temanku… temanku jahat ”. 
Pada anak yang lebih kecil biasanya akan mengatakan : “temanku nakal”. 
Kurang lebih ‘cry for help’ mereka adalah seperti itu. 
Jadilah orang tua yang mau mendengarkan, memahami & memberikan perhatian dengan penuh kasih sayang pada anak.

3. Ajarkan anak untuk berbicara dan terbuka pada orang dewasa di sekolah, misal : guru, wali kelas, guru BP, kepsek. Semuanya dimulai dari rumah dengan selalu membuka komunikasi yang terbuka, sehat & positif serta penuh kasih sayang pada anak.

4. Untuk tetap berada di kelompok, terutama di waktu yang tidak terawasi guru

5. Tidak terlalu disarankan to fight back pada pelaku. Tetapi cukup mengatakan : “Hentikan, saya tidak suka dengan perlakuan kamu” dan kemudian tinggalkan si pelaku.

6. Latih anak bagaimana berperilaku (anticipated coping behavior) jika kejadian berulang.

7. Ajari anak untuk bersikap asertif pada banyak hal (they’re gonna need it in the future, anyway)

8. Terkadang mengajak anak untuk berempati pada pelaku (karena kemungkinan si pelaku juga merupakan korban bullying juga) bisa cukup membantu.

9. Pastikan bahwa “Anak merasa nyaman untuk menjadi dirinya”. Ini yang penting tentunya.

10. Jangan tunggu lama untuk menyelesaikan masalah atau mencari pertolongan professional jika gejala terlihat mengarah ke serius. Lebih cepat ditangani lebih baik & lebih tepat..!!

11. Apabila diperlukan/kejadian Bullying ini telah mengarah pada tindak kekerasan yang berakibat fatal seperti mengakibatkan kecacatan atau mengancam nyawa anak, jangan segan segan melaporkan kejadian tersebut pada Pihak Sekolah maupun Pihak Berwajib.

KF/v/berbagai sumber/imoku.multiply.com/journal/detiknews
READ MORE >>

PERANAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA!!!





A.Pengertian Bahasa

Bahasa dapat diartikan sebagai alat komunikasi yang efektif yang digunakan oleh manusia untuk memperoleh dan menukar informasi dengan manusia lainnya. Bahasa memiliki bentuk dan struktur yang logis .
Tanpa adanya bahasa kita tidak dapat berinteraksi dengan manusia lainnya . Sebagaimana kita ketahui, bahasa terdiri atas kata-kata atau kumpulan kata yang tersusun dan mempuyai arti bermacam-macam . Bahasa telah digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia, oleh karena itu terdapat banyak sekali bahasa di dunia ini .
Masing-masing kata mempunyai makna yang berbeda-beda yang  disusun secara alfabetis, atau menurut urutan abjad,disertai penjelasan artinya dan kemudian dibukukan menjadi sebuah kamus . Dengan kita mengetahui kata-kata yang ada maka kita dapat berbahasa dengan baik.

B. Pengertian Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi . Bahasa Indonesia itu sendiri merupaka bahasa pokok warga Negara Indonesia .
Untuk mempelajari bahasa Indonesia tersebut secara baku dan sopan maka kita harus mengikuti EYD yaitu ejaan yang disempurnakan. Dengan kita mengikuti EYD maka kita dapat berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

C. Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi utama bahasa Indonesia seperti yang disebutkan di atas adalah sebagai alat komunikasi, atau sarana untuk menyampaikan informasi (fungsi informatif). Tetapi, bahasa pada dasarnya lebih dari sekadar alat untuk menyampaikan informasi, atau mengutarakan pikiran, perasaan, atau gagasan, karena bahasa juga berfungsi sebagai :
a. Untuk tujuan praktis: melakukan hubungan dalam pergaulan sehari-hari.
b. Untuk tujuan artistik: manusia mengolah dan menggunakan bahasa dengan seindah-indahnya        guna pemuasan rasa estetis manusia.
c. Sebagai kunci mempelajari pengetahuan-pengetahuan lain, di luar pengetahuan kebahasaan.
d. Untuk mempelajari naskah-naskah tua guna menyelidiki latar belakang sejarah manusia, selama kebudayaan dan adat-istiadat, serta perkembangan bahasa itu sendiri (tujuan filologis).
Dikatakan oleh para ahli budaya, bahwa bahasalah yang memungkinkan kita membentuk diri sebagaimakhluk bernalar, berbudaya, dan berperadaban. Dengan bahasa, kita membina hubungan dan kerja sama,mengadakan transaksi, dan melaksanakan kegiatan sosial dengan bidang dan peran kita masing-masing.

Jika dikatakan bahwa setiap orang membutuhkan informasi itu benar. Kita ambil contoh, misalnya seorang manager yang mengoperasikan, mengontrol, atau mengawasi perusahaan tanpa informasi tidak mungkin dapat mengambil keputusan atau menentukan kebijakan. Karena setiap orang membutuhkan informasi, komunikasi sebagai proses tukar-menukar informasi, dengan sendirinya bahasa juga mutlak menjadi kebutuhan setiap orang.
D. Kedudukan  Bahasa Indonesia
Sebagaimana kita ketahui dari uraian di atas, bahwa sesuai dengan ikrar Sumpah Pemuda tanggal 28Oktober 1928, bahasa Indonesia diangkat sebagai bahasa nasional, dan sesuai dengan bunyi UUD 45, BabXV, Pasal 36 Indonesia juga dinyatakan sebagai bahasa negara. Hal ini berarti bahwa bahasa Indonesia mempunyai kedudukan baik sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.
Yang dimaksud dengan kedudukan bahasa ialah status relatif bahasa sebagai sistem lambang nilai budaya,yang dirumuskan atas dasar nilai sosialnya Sedang fungsi bahasa adalah nilai pemakaian bahasa tersebutdi dalam kedudukan yang diberikan.

1. Bahasa Nasional
Sehubungan dengan kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia memiliki empat fungsi.

      Keempat fungsi tersebut ialah sebagai:
1. Lambang identitas nasional,
2. Lambang kebanggaan nasional,
3. Alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang sosial budaya dan bahasa
yang berbeda-beda, dan
4. Alat perhubungan antarbudaya dan daerah.
2. Bahasa Negara
Berkaitan dengan statusnya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai:
1. Bahasa resmi negara,
2. Bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan,
3. Bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan
pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan, dan
4. Bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta
teknologi.


sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia
http://rahmatarifin93.wordpress.com/2011/09/25/peranan-dan-fungsi-bahasa-indonesia-secara-umum-ataupun-khusus/
http://www.scribd.com/doc/21785947/Kedudukan-Dan-Fungsi-Bahasa-Indonesia
READ MORE >>
Template by : kendhin x-template.blogspot.com
bottom